Kebayoran atau Kebayuran?

0
921
Daun dan bunga pohon bayur

Sampai awal masa kemerdekaan Indonesia, Kebayoran menjadi nama sebuah distrik yang dikepalai oleh seorang wedana, masuk dalam wilayah Kabupaten Meester Cornelis. Wilayahnya meliputi pula kawasan Ciputat.

Kawasan Kebayoran kini terbagi menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama, Kotamadya Jakarta Selatan.

Kebayoran berasal dari kata kabayuran yang artinya tempat penimbunan batang kayu bayur. Pohon bayur memiliki nama latin Acer laurinum Hask., famili Acerinae. Batangnya sangat baik untuk dijadikan kayu bangunan karena kekuatan serta daya tahannya terhadap serangan rayap.

Baca Juga:

  1. Dulu Mayoran Sekarang Kemayoran
  2. Kampung Makasar dan Sultan Hasanuddin
  3. Jatinegara atau Mester

Bukan hanya kayu bayur yang biasa ditimbun di kawasan itu pada zaman dulu, melainkan juga jenis-jenis kayu lainnya. Kayu-kayu gelondongan yang dihasilkan dari kawasan tersebut dan sekitarnya diangkut ke Batavia melalui Kali Krukut dan Kali Grogol dengan cara dihanyutkan. Berbeda dengan keadaan sekarang, kedua sungai tersebut pada masa itu cukup lebar dan berair dalam.

Artikel dikutip dari buku Rachmat Ruchiat, Asal Usul Nama Tempat Di Jakarta, hlm. 68-69.

Sekitar 1938 di kawasan Kebayoran direncanakan akan dibangun sebuah lapangan terbang internasional, tetapi dibatalkan karena pecah Perang Dunia II. Kemudian mulai 1949 di tempat yang direncanakan untuk lapangan terbang itu dibangunlah Kota Satelit Kebayoran Baru, meliputi areal seluas 730 hektare yang menurut rencana cukup untuk dihuni oleh 100.000 jiwa, suatu jumlah yang jauh lebih kecil dengan perkembangan jumlah penduduk Jakarta kemudian hari.

Sampai awal masa kemerdekaan Indonesia, Kebayoran menjadi nama sebuah distrik yang dikepalai oleh seorang wedana, masuk dalam wilayah Kabupaten Meester Cornelis. Wilayahnya meliputi pula kawasan Ciputat.


Dikutip dengan seizin penerbit Masup Jakarta dari buku Rachmat Ruchiat, Asal Usul Nama Tempat Di Jakarta, hlm. 68-69. Bukunya tersedia di TokopediaBukaLapakShopee  atau kontak langsung ke WA 081385430505

LEAVE A REPLY